Rabu, 13 Desember 2017

Buku Ekologi Perairan (Suatu Panduan Praktikum)


Buku ini menyajikan informasi tentang ekologi perairan dan bagaimana pengambilan contoh di ekosistem perairan. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik-balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem perairan merupakan suatu sistem dimana terjadi interaksi antara komponen biotik (misal: algae, kutu air, ikan,  dll) dan abiotik (misal: air, suhu, nutrien, substrat, dll) di dalam perairan. kebutuhan referensi tentang bagaimana cara pengambilan contoh di ekosistem perairan membuat penulis tergugah untuk menyusun buku tentang ekologi dan cara pengambilan contoh di ekosistem perairan.

Pada dasarnya di dalam buku ini memuat teori tentang ekosistem perairan dan bagaimana cara pengambilan contoh serta analisis dari contoh yang diambil. Konsep dasar diperlukan karena setiap mengambil contoh di lapangan harus di dasari oleh pemahaman tentang ekosistem tersebut. Untuk itu perlu beberapa persiapan sebelum ke lapangan, agar proses pengambilan contoh serta penanganan selanjutnya dapat dilakukan secara benar. Buku ini terdiri dari 7 bab yang terdiri dari bab1 pendahuluan, bab2 ekosistem perairan, bab3 ekosistem perairan tergenang, bab4 ekosistem perairan mengalir, bab5 ekosistem perairan payau, bab6 ekosistem perairan laut, dan bab7 tentang komunitas.
Penulis mengakui masih banyak membutuhkan masukan dalam buku ini. Karena itu, sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca yang budiman demi perbaikan dalam edisi berikutnya. Semoga buku ini memberikan manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar